Uncategorized

ASUS ZenBook UX331UAL Laptop yang Stylish Sekaligus Tangguh Dibawa Kemanapun

Hallo..

Pagi-pagi gini saya mau curhat nih.. Jarang-jarang kan saya curhat? Nah saya mau curhat klo saya butuh banget laptop, intinya saya mau ganti laptop! Gimana nggak mau ganti, laptop yang saya pake ini udah jadul banget, usianya sudah 9 tahun! Wow! Tua banget kan? Kalau manusia mungkin dia sekarang sudah SD kelas 3 kali ya, tambah berat, sudah pinter ini-itu, tapi sayangnya dia benda mati, laptop yang tambah tahun bukannya tambah pinter eh tambah lemot dan makin ketinggalan dengan laptop-laptop terbaru lainnya. Emangnya mau diganti dengan apa? Saya sudah tau jawabannya, saya sudah yakin mau menggantinya dengan ASUS ZenBook UX331UAL. Yakin banget kayaknya..kenapa?

Jadi gini, sedikit cerita dulu ya.. Saya pertama kali beli laptop yang sedang saya pakai menulis ini adalah ketika saya masih bekerja sebagai seorang konselor di salah satu sekolah internasional di Surabaya Barat yaitu pada tahun 2009, saat itu saya memerlukannya untuk membantu saya mengerjakan beberapa tugas kantor yang kadang harus saya bawa ke rumah. Dari dulu ketika saya memilih laptop memang selalu memperhatikan bentuk dan kepraktisan dalam membawanya, maksudnya berat dari laptop itu sendiri. Ya gimana, tubuh saya ini mungil, kalo bawa laptop berat-berat ntar saya makin kuntet! Hihi.. Bukan itu aja sih, awal-awal kerja kan saya masih pakai sepeda motor, kalau bawa laptop yang gede gitu takut sering jatuh / ngguling di jalan, nggak lucu banget kan? Hihi..

Baca juga: Asyiknya Menjadi Konselor Sekolah

Nah maka dari itu saya ketika cari laptop carinya yang bentuknya itu masih eye catching (maklum perempuan gitu ya..) dan yang paling penting lagi itu ringan, ultralight serta punya performa yang bagus yang bisa menunjang aktivitas saya. Jadi pas banget waktu pertama kali saya lihat ASUS ZenBook UX331UAL di salah satu web tekno, warnanya yang rose gold dan bentuknya yang tipis cocok banget dengan kepribadian dan kebutuhan saya yang cukup mobile seperti sekarang ini.

Sekarang kan saya sudah berhenti dari pekerjaan saya sebagai konselor pada tahun 2012 dan semenjak 2016 saya mulai belajar menjadi blogger sampai sekarang. Saya sih melabeli diri saya seorang lifestyle blogger tapi karena lumayan sering bahas produk-produk kecantikan dan mungkin melihat penampilan saya di beberapa event juga instagram atau media sosial saya jadi banyak yang mengira bahwa saya adalah seorang beauty blogger padahal nggak biuti-biuti banget sih orangnya..hehe.. sepertinya kalau pakai ASUS ZenBook UX331UAL aura cantik dan elegan itu akan lebih menancap dan makin dikira biuti blogger beneran deh, lumayanlah..bisa meningkatkan citra dan prestige diri juga..haha.. Coba lihat sendiri deh pasti kamu juga akan berpikiran seperti itu..

Warna Rose Gold membawa kesan elegant
Gimana? Cantik kan?

Kenapa laptop ini bisa dibilang laptop yang ringan? Karena body ZenBook UX331UAL terbuat dari magnesium alloy, jenis logam yang memang ringan. Bobotnya aja nggak sampai 1kg, cuma 985 gram, ketipisannya cuma 13,9 mm, tipis banget cuy..  Walaupun layarnya nggak sekecil laptop yang saya pakai sekarang, justru layarnya yang berukuran 13,3 inch  ini makin bikin suami mendukung saya untuk memiliki laptop keren ini karena suami bisa pakai sewaktu-waktu kalau dia butuh untuk coding dan nonton film, suami kurang bisa coding kalau layar laptopnya terlalu kecil dan lemot kayak laptop saya yang sekarang. Eh, kenapa jadi bawa-bawa suami? Untuk urusan gadget apalagi laptop saya percaya banget saran dari suami secara dia lulusan ilmu computer jadi sudah pasti dia yang lebih ngerti istilah teknis dan spesifikasi gadget atau laptop yang bagus, jadi saya selalu mendengar pertimbangan dari dia.

Super tipis kan.. ringan pula..

Eh  tapi gawat juga kalau suami jadi semakin betah nonton film pake laptop ini karena warna yang ditampilkan dilayar ZenBook UX331UAL ini akan terasa hidup dan akurat , padahal dia sudah punya laptop sendiri lho tapi ya begitulah namanya pasangan sering pinjem-pinjem atau tuker-tukeran barang. Oh ya, warnanya yang hidup dan akurat itu sendiri bisa memudahkan saya ketika nanti mengedit foto dan video karena warna yang sebenarnya akan lebih terlihat sehingga hasil editannya akan lebih akurat dan lebih enak dilihat.

warna layarnya yang nyata dan akurat bikin pengalaman menonton hasil editing video kita makin mengasyikkan

Sebenarnya ASUS ZenBook UX331UAL punya dua design warna yaitu Rose Gold dan Deep Dive Blue, tapi karena ini akan jadi milik saya ya tentu saja saya pilih warna favorit saya, untuk urusan yang ini saya tidak mau mendengarkan saran suami, hihi.. lagian kata siapa sih cowok tidak bisa pakai warna rose gold? kalau menurut saya cowok tetap cocok kok pakai warna-warna semacam itu, kalau emang udah macho mau dipakein warna apa aja tetap macho! Banyak juga kan cowok-cowok macho yang tetap pede pakai baju pink, nah berarti pasti cocok juga kan pake laptop warna rose gold!

Meskipun ASUS ZenBook UX331UAL ringan tapi dia ini kuat banget lho! Dia sudah masuk military grade , MIL –LTD 810G dengan melewati serangkaian test seperti pengoperasian di lingkungan yang keras – termasuk ketinggian ekstrim, suhu dan kelembaban, juga telah melewati tes penyiksaan laptop yang ketat dan terkemuka, termasuk dijatuhkan dari ketinggian tertentu dan pengujian saat laptopnya ditekan benda berat, jadi semisal kita buru-buru, mau pindah dari suatu tempat ke tempat lain seperti saya yang sehari kadang bisa datang lebih dari satu event karena keburu-buru kadang cuma nutup layar tanpa di shut down dulu trus semisal ternyata jatuh di tengah jalan kemudian diinjak sepeda motor gitu dia masih kuat, nggak akan rusak, layar nggak akan retak dan masih bisa langsung dioperasikan, keren bingits kan?? Nggak percaya?? Kalau nggak percaya langsung liat video ini:

Ini logo bahwa ASUS Zenbook UX331UAL masuk ke dalam military grade

Zenbook UX331UAL ini juga telah mendapat tes  getaran dan tes kejut yang dirancang untuk meniru penanganan sehari-hari yang kasar, pas banget buat saya yang orangnya slebor (serampangan) ini plus udah punya krucils yang super aktif karena sebagai seorang #mamaketje yang kerja dari rumah sudah pasti kerja sambil digondelin anak-anak, nggak jarang mereka main-main di sekitar laptop saya yang mana kemungkinan jatuh, diinjek atau didudukin itu mungkin aja kan apalagi sama anak saya yang paling kecil , si Evlan itu.. *huft. Kalau kemarin-kemarin saya bakal sering senewen sekarang pasti bisa kalem, injek-injek deh pasti si laptop menter aja, tetep kuat!! Nilai positif tambahan ketika menggunakan ASUS ZenBook UX331UAL  adalah lumayan ngurangin penggunaan krim antiaging mamanya, karena nggak gampang senewen lagi, menghemat anggaran belanja skincare hihi..

Lalu bagaimana dengan performa performa ASUS ZenBook UX331UAL  ini? Sebagai seorang blogger yang kerjaannya bikin konten, dimana konten bukan hanya artikel aja, kadang saya harus edit-edit foto, video, ngedesain infografis walaupun sederhana tapi tetap butuh performa yang bagus dan ASUS ZenBook UX331UAL dengan Prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-8 yang supercepat,  dengan RAM sebesar 8GB dan storage 256GB , performanya sudah dipastikan akan kencang yang mendukung multitasking, juga memiliki respons supercepat, tugas-tugas sebagai content creator bakal lebih mudah dan cepat saya kerjakan dan nggak bingung lagi mencari tambahan media penyimpanan file-file saya yang seabrek, kalau kamu juga seorang content creator kamu pasti taulah seberapa banyak foto, video dan tulisan yang dimiliki seorang content creator, ya kan??

Ditambah lagi ASUS ZenBook UX331UAL system pengoperasiannya sudah menggunakan Windows 10  jauh banget sama laptop jadul saya yang masih pake windows 7! Haduh tua banget kan?? Pasti yang baca pada kasian banget ni sama saya.. content creator kok masih pake laptop jadul begitu, hiks.. ZenBook UX331UAL mendukung semua fitur baru yang hebat di Windows 10, termasuk Modern Standby dan Cortana. Dengan Standby Modern, ZenBook UX331 memberikan pengalaman instant-on dan instant-off – seperti smartphone. Gak perlu nunggu lama-lama mau shut down ataupun menghidupkan kembali laptopmu. Sedangkan Windows Cortana adalah semacam asisten digital pribadi yang katanya dapat secara cerdas membantu mengatur kehidupan sibuk kita untuk pengalaman Windows yang benar-benar pribadi, tapi sebenernya saya masih bingung juga sih dengan Windows Cortana ini mungkin kalau udah punya dan coba langsung pasti nggak akan bingung lagi ya, ah..jadi pengen cepet punya..

Oh ya, walaupun kinerjanya super cepat tapi ternyata ASUS ZenBook UX331UAL tetap hemat energi lho, baterenya bisa dipakai sampai 15 jam tapi kalau dipakai kerja yang lumayan multitasking bisa sampe 8-9 jam which is itu termasuk bagus di kelasnya. Usia baterenya diklaim 3 kali lebih panjang umur daripada baterai laptop lainnya jadi kita bisa lebih hemat, tidak cepat membeli baterai baru.

Sebagai seorang blogger yang kadang harus mengerjakan atau membuat konten dimana saja dan kapan saja daya batere yang hemat itu sangat penting  karena saya pernah punya pengalaman sedang datang dalam suatu event kemudian dihubungi oleh agency bahwa artikel yang saya buat beberapa hari yang lalu itu ada beberapa tulisan yang harus diedit dan ditambahkan foto yang mana fotonya perlu diedit dulu juga, saya langsung cari-cari colokan karena takut batere laptop saya nggak cukup, seandainya saya sudah punya ZenBook UX331UAL hal tersebut mungkin nggak akan terjadi, saya tinggal buka laptop dimanapun, ada-nggak ada colokan tetap bisa kerja sambil mengikuti rangkaian acara event tanpa sungkan pindah tempat duduk atau bahkan meninggalkan ruangan.

Oh ya, yang unik dari laptop ini adalah charger yang mungil dan ringan, tidak seperti charger laptop pada umumnya yang besar dan berat, charger ZenBook UX331UAL  ini mirip banget sama charger hape, serasi sekali dengan body laptopnya sendiri, makin mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tuh mirip banget sama charger handphone kan?
courtesy: www.ebay.com

Menulis adalah inti dari pekerjaan seorang blogger jadi pertimbangan memilih laptop dengan keyboard yang nyaman pastilah sangat penting, beruntungnya keyboard ZenBook UX331UAL  ini sudah dirancang dengan sangat ergonomis, jarak antar keyboard hanya 1,4 mm yang membuat pengalaman mengetik akan semakin nyaman dan teknologi palm rejection-nya juga mendukung pengalaman mengetik dengan multi-finger, begitu pula dengan touch padnya nyaman dan akurat. Keyboardnya juga dilengkapi dengan back light yang bisa diatur tingkat kecerahannya yang membuat kita tetap nyaman bekerja di tempat gelap sekalipun.

Keyboardnya sangat ergonomis sehingga sangat nyaman untuk dipakai mengetik, cocok untuk blogger seperti saya

 

Meskipun ZenBook UX331UAL  ini sangat tipis tetapi port-portnya sangat lengkap mulai dari port USB Type-C™ (USB-C™)  yang kecepatannya 10x lebih cepat dari port USB 2.0 yang lebih lama, ada juga port USB-C, ada dua port USB 3.1 Gen 1 Tipe-A dan port HDMI,  kemudian ada card reader MicroSD berkecepatan tinggi yang dua kali lebih cepat daripada pembaca standar yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan ekstra. Mau transfer data pakai apapun dijabanin deh sama UX331UAL ini dan nggak pake lemot!

Eh, pernah nggak mengalami berebut koneksi Wi-Fi di suatu tempat? Mau pindah mendekati router sudah tidak mungkin, sudah penuh ditempati orang lain. Pasti bête banget kan apalagi pas kita lagi butuh banget, kini dengan ASUS ZenBook UX331UAL kita tidak akan mengalaminya karena teknologi Wi-FI master memberi manfaat penuh dari Wi-Fi 802.11ac dual-band 6-bit yang lebih cepat, Wi-Fi MU-MIMO-capable dual-band 802.11ac pada ZenBook UX331 ini memiliki kecepatan hingga 867Mbps. Secepat dan se-menjangkau apa itu? Bayangkan kamu masih bisa menonton streaming youtube full HD dengan jarak lebih dari 300m3 dari pusat routernya, wuih jauh lho 300 meter itu..

Dan spesifikasi paling akhir yang akan saya jelaskan ini juga merupakan salah satu spesifikasi favorit yang bikin saya makin cinta dengan ZenBook UX331UAL ini yaitu speakernya yang menggunakan speaker dari Harman Kardon salah satu system audio terbaik di dunia, saya tau gimana kerennya speaker Harman Kardon ini yaitu waktu sapihmoon ke Bali awal tahun kemarin, gila.. kualitas suaranya keren abis, stereonya mantap banget, ah susah bangetlah kalau dijelasin, dentuman stereonya bikin jantung kamu serasa ikut bergetar juga dan suaranya jernih banget, kamu harus coba sendiri deh pokoknya. Duh, pasti saya nggak akan pernah capek bikin konten sambil dengerin lagu-lagu dari laptop ini, selain itu suara hasil editan video saya pasti makin enak didengar dari laptop ini, makin semangat juga bikin videonya, ah makin pengen segera memilikimu duhai  ASUS ZenBook UX331UAL.

Baca juga: Sapihmoon ke Bali

Berikut ini spesifikasi lengkap ASUS ZenBook UX331UAL:

Main Spec. ASUS ZenBook UX331UAL
CPU Intel® Core™ i5-8250U Processor, 6M Cache, up to 3.40 GHz
Operating System Windows 10 Home
Memory 8GB LPDDR3 2133MHz SDRAM
Storage 256GBSATA3 M.2 SSD
Display 13.3″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz, Ultra Slim 300nits
Graphics Integrated Intel UHD Graphics 620
Input/Output 1x micro SD card, 1x audio jack COMBO, 1x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 2x Type A USB3.1 (GEN1), 1x HDMI, Support HDMI 1.4
Camera VGA Web Camera
Connectivity Built-in Bluetooth V4.2, Integrated 802.11 AC (2×2)
Audio Built-in Stereo 1 W Speakers And Array Microphone, ASUS SonicMaster Technology

Support Windows 10 Cortana with Voice, Harman kardon

Battery 50 Whrs Polymer Battery
Dimension 310 x 216 x 13.9 mm (WxDxH)
Weight 985gr with Battery
Colors Deep Dive Blue, Rose Gold
Price Rp14.799.000
Warranty 2 tahun garansi global

Jadi kesimpulannya? ASUS ZenBook UX331UAL ini baik secara design, tampilan, performa, dan kelengkapan fitur pas banget dengan kebutuhan saya sebagai seorang blogger atau content creator dengan mobilitas yang cukup tinggi, berpindah dari satu event ke event lainnya, dari satu cafe ke cafe / working space lainnya, dari satu kota ke kota lainnya, termasuk cocok dengan kepribadian saya yang menurut orang katanya saya itu stylish, ketje dan modis (aih minta digetok)  tapi juga slebor alias serampangan jadi butuh laptop yang tangguh dan menurut saya semua itu ada di ASUS ZenBook UX331UAL sesuai dengan tag-linenya “Streght that comes with beauty”, makin yakin saya untuk memilikinya, menurutmu sendiri gimana? Cocok nggak? Bikin kamu mupeng juga tapi kan pastinya? Buat kamu yang travel blogger malah cocok banget ni laptop. Tulis komentar atau pendapatmu mengenai kecanggihan laptop ini ya di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

Stay Ketje!

Anne Lesmana

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest
Pinterest
0Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on Tumblr
Tumblr
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *