Uncategorized

Menjadi Saksi Pemberian Awards Kepada Para Pemenang Wirausahamuda Muda Mandiri 2018.

Hallo Mams.. masih ingat keseruan saya waktu mengikuti Wirausaha Muda Mandiri Expo minggu lalu? Saya kan kemarin cerita kalau acara exponya itu ketje abis karena diikuti oleh peserta dengan bidang usaha yang bermacam-macam dan bidang usahanya itu keren banget, tapi karena ini adalah ajang perlombaan pastilah ada pemenangnya, siapa ya pemenangnya? Apakah ada salah satu nama dari yang saya ceritakan kemarin di Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 . Yuk lanjut dibaca yaa..

Sebelum saya bocorin siapa para pemenangnya, mungkin saya perlu ceritain gimana spektakulernya acara penganugrahan awards WMM 2018 kemarin.

Jadi acara penganugrahan awards WMM 2018 kemarin itu diadakan di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 15 September 2018. Acaranya dihadiri oleh 1500 mahasiswa dari seluruh Malang. Di acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Bapak Kartika Wirjoatmodjo; Menteri BUMN, Ibu Rini M Sumarno; Rektor Universitas Brawijaya , Bapak Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS; Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Hari Santoso Sungkari; Ketua Pansus UU Kewirausahaan, Bapak Andreas Eddy Susetyo.

Menteri BUMN Rini Soemarno terlihat sedang berdoa dalam acara Wirausaha Muda Mandiri Award 2018

Acara ini terasa spektakuler sejak pertama kali masuk ke gedung Samantha Krida tersebut, panggungnya sudah ditata dengan sangat megah dan apik, tata lampunya sangat gemerlap, banyak lampu sorot berwarna-warni lalu ada layar besar sebesar kalau kita sedang menonton bioskop yang digunakan untuk  menampilkan apa yang ada di atas panggung sehingga bagi yang duduk di belakang tetap dapat melihat dengan jelas.

Acara ini dipandu oleh 2 MC kondang yang sering wora-wiri di televisi yaitu Zivana Letisha – mantan puteri Indonesia 2008 dan Altaf Vicko yang biasa mengisi acara infotainment di TV.

Vicko dan Zivana Letisha yg menjadi MC acara pd hari itu.

Mengenai rangkaian acara pertama-tama kita disambut oleh penampilan paduan suara Mahasiswa Universitas Brawijaya, kemudian untuk mencairkan suasana ada penampilan stand up comedy dari Dicky Difie yang berhasil mengocok perut sebentar kemudian setelah para tamu dan undangan sudah masuk semua barulah acara dimulai dengan pembacaan doa lalu disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, saya suka sekali akhir-akhir ini lagu Indonesia sering berkumandang terutama di acara-acara seperti ini.

Setelah selesai menyanyikan lagu kebangsaan RI maka muncul video yang menjelaskan mengenai Wirausaha Muda Mandiri yang sudah diadakan sejak tahun 2007 yang kini sudah diikuti oleh 36000 pengusaha dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan telah memberikan manfaat kepada lebih dari 45000 individu.

Kemudian setelah itu ada penampilan yang sangat apik dari Reog Universitas Brawijaya yang ternyata sudah memenangkan Piala Presiden sebanyak dua kali kemudian dilanjut penampilan Digital Neon kolosal Percussion oleh Duo Percussion, kedua penampilan tersebut benar-benar memukau mata para tamu.

Penampilan Reog Ponorogo dari Mahasiswa Universitas Brawijaya

Setelah itu acara di buka oleh Rektor Universitas Brawijaya, Bapak Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. Beliau sangat mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh Bank Mandiri ini, beliau menyatakan bahwa memang jika ingin agar perekonomian sebuah maju perlu memiliki minimal 2% entrepreneur dari total populasi rakyat Indonesia dan untuk itu perlu kerjasama antara pemerintah, akademisi, banking / corporate dan pengusaha.

Rektor Universitas Brawijaya memberikan kata sambutan

Kemudian setelah pembukaan oleh Bapak Rektor kemudian dilanjutkan dengan video perjalanan 78 finalis WMM 2018 yang mulai dari bulan maret lalu mereka telah mengalahkan sekitar 800 pengusaha muda yang mendaftar untuk mengikuti ajang perlombaan ini yang terdiri dari 34 perguruan tinggi dan 10 komunitas / inkubator bisnis.

Lalu dilanjut lagi dengan talkshow “Berani Muda Berani Berkarya” yang dimoderatori oleh Adrian Gunadi, CEO Investree dan para narasumbernya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, Bapak Kartika Wirjoatmodjo; Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Hari Santoso Sungkari; Ketua Pansus UU Kewirausahaan, Bapak Andreas Eddy Susetyo; Jodhi Palgunadi dari Akun.biz; Jeremiah Allan dari Gedhang Nugget. Para narasumber dari pemerintah dan corporate menceritakan apa yang sudah mereka lakukan untuk menyukseskan terciptanya 2% populasi pengusaha, lalu Bapak Kartika, Dirut Bank Mandiri menambahkan bahwa Bank Mandiri bangga dan bahagia karena lebih dari satu dekade pelaksanaan WMM ini terus menuai respon positif dan dukungan para pemangku kepentingan serta telah berhasil memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pemerintah dalam rangka melipatgandakan pelaku usaha di tanah air, sedangkan para pengusaha atau alumni WMM tahun-tahun sebelumnya yaitu Jodhi dan Jeremiah, mereka menceritakan pengalaman dan suka dukanya menjadi seorang entrepreneur dan memberikan saran dan masukan bagi para tamu dan finalis untuk menjadi entrepreneur yang sukses. Di akhir acara talkshow tersebut semua narasumber dan moderator mendapatkan plakat dari Bank Mandiri.

Founder Akun.biz sedang berbagi pengalaman selama menjadi pengusaha setelah mengikuti kompetisi WMM ini

Kini saat yang paling ditunggu yaitu pengumuman pemenang WMM 2018, pemenang dipilih untuk juara 1 dan 2 dari masing-masing kategori, kemudian ada pemenang terfavorit pilihan netizen dan The Best of The Best, dan mereka adalah:

Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Juara I: Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado

Juara II: Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu

Bidang Usaha Boga

Juara I: I Putu Agi Pratama – Umah Lokal

Juara II: Sentanah Limase – Fermentation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif

Juara I: Malinda Amalia – Linean

Juara II: Nabila – Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial

Juara I: Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)

Juara II:  M. Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Bidang Usaha Teknologi Digital

Juara I: Aditya Prata Ghifary – Media Bimbingan Belajar Gratis Berbasis Website dan Aplikasi

Juara II: Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Juara I: Alwy Herfian Satriatama – Majapahittech

Juara II: Aprial Syahputra – HerbalFoam

Kategori Non Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Juara I: Juwita – Golden Berry

Juara II: Reza Rizky Hermawan – Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga

Juara I: Endro Firdaus – GreenSmoothie Factory

Juara II: Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif

Juara I: Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong

Juara II: Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial

Juara I: Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia

Juara II:  Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital

Juara I: Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin

Juara II: Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Enginering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Juara I: Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology

Juara II: Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

Bidang Usaha Digital Financial Technology

Juara I: Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB

Juara II: Bong Defendy – Zend Money

Juara terfavorit: Ardana Noor Octaviandi – Bolunesia

Juara The Best of The Best: Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin

Nah itu tadi para pemenangnya, gimana, buat yang sudah mengikuti artikelku dan twitterku di minggu yang lalu, apa ada jagoanmu yang menang? Sayangnya para finalis yang saya jagokan ternyata tidak masuk dalam daftar pemenang hiks..padahal usaha mereka juga keren lho, tapi nggak apa-apa saya doakan para jagoan saya itu juga sukses dalam usahanya, amiin..

Nah setelah pembacaan kemudian diberikan hadiah secara simbolik oleh Menteri BUMN, Ibu Rini Sumarno. Total hadiah yang diberikan kepada mereka adalah berupa uang pembinaan senilai lebih dari 3 miliar rupiah kemudian mendapatkan akses berbagai skema pembiayaan di Mandirii Group dan program pendampingan dan pelatihan yang komprehensif untuk mengoptmalkan peluang usaha, wow keren banget!! Banyak banget hadiahnya, bikin mupeng, bukan hanya uangnya tetapi juga manfaat-manfaat lain yang tidak ternilai harganya yang mungkin juga tidak akan bisa didapatkan di tempat lain.

Inilah para pemenang Wirausaha Muda Mandiri Award 2018

Setelah berfoto bersama para pemenang kemudian dipanggillah Via Vallen yang akan menghibur semua para tamu dan undangan sehingga menambah kegembiraan kita semua pada hari itu, total ada sekitar 5 lagu yang dibawakan non-stop oleh Via Vallen, semua tamu dan undangan semua bernyanyi bersama, bahkan Ibu Rini Sumarno akhirnya nyanyi dan joget bersama Via Vallen, sebelumnya Bu Rini meminta Via untuk menyanyikan lagu “Sayang”, para mahasiswa dan finalis akhirnya semua maju ke depan panggung untuk bernyanyi dan berjoget bersama. Penampilan Via Vallen sangat spektakuler di acara tersebut semua larut dalam kegembiraan dan suka cita, acara WMM 2018 ini benar-benar meriah karena didukung oleh tata panggung dan lampu yang sangat apik dan tata suara yang menggelegar!

Semua tamu dan undang semua ikut bernyanyi dan berjoget bersama Via Vallen tak luput juga ibu Menteri BUMN, ibu Rini Soemarno juga ikut berdendang dan berjoget bersama

Di tengah keceriaan bernyanyi bersama dengan Via Vallen, setelah bernyanyi dan berjoget bersama,  Ibu Rini Sumarno berpamitan tetapi sebelumnya beliau memberikan sepatah dua patah kata mengenai acara hari ini yaitu acara WMM ini merupakan aktvitas berkelanjutan untuk pengembangan ekonomi nasional yang selaras dengan perkembangan industri kreatif dan usaha kecil atau menengah (UKM) binaan dalam meningkatkan penetrasi pasar dan hal itu sejalan dengan program kementrian BUMN yakni Rumah Kreatif BUMN (RKB) sehingga perlu terus didukung agar dapat menciptakan lapangan kerja baru. Rumah. Ibu Rini juga mengatakan bahwa antara WMM dan Rumah Kreatif BUMN harus disinergikan dan ditingkatkan misalnya dengan cara melibatkan alumnii WMM untuk menjadi mentor pendamping mitra binaan di RKB.

Ibu Rini Soemarno menyampaikan harapannya agar Rumah Kreatif BUMN dapat bersinergi dengan alumni WMM

Setelah puas berdendang dan berjoget bersama Via Vallen lalu acara dilanjutkan makan siang dan ishoma.

Lalu kemudian setelah ishoma dan makan siang dilanjutkan dengan talkshow yang kedua, pada talkshow yang kedua ini narasumbernya adalah 3 para alumni WMM tahun-tahun sebelumnya yaitu: Florentian Jeanne Sutanto dari Noonaku Signature yang bergerak selam bidang usaha fashion apparel dengan misinya pakaian murah bagi semua orang ; Martalinda Basuki dari Coklat Klasik yang memiliki jiwa entrepreneur dari sejak balita, wow!; dan Sugeng Handoko dari Pengembangan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Ngglangeran Jogjakarta yang awalnya dianggap sebelah mata oleh keluarga dan warga sekitarnya karena dianggap anak kecil mau sok-sokan mengubah keadaan. Dalam talkshow tersebut mereka menceritakan awal mula menjadi pengusaha, visi dan misi dari usaha yang mereka geluti, suka-duka menjadi pengusaha serta tips dan trik menjadi seorang pengusaha sukses seperti mereka.

Acara talkshow kedua ini kemudian di akhiri oleh sesi tanya jawab, ada 3 pertanyaan dari 3 orang tamu yang dijawab oleh masing-masing narasumber tadi, pertanyaan  yang paling mengena dan terngiang-ngiang di telinga saya yaitu ketika ada seorang penanya bertanya apa yang harus dilakukan agar kita berani memulai usaha, jawabannya adalah GPA: 1. God. Ingat akan Tuhan, mulailah usaha dengan niat untuk menjadi perpanjangan tangan Tuhan atas rejeki orang lain melalui kita; 2. Passion: Mulai lah dari apa yang passionmu atau apa yang paling kamu senang lakukan, jika tidak dapat menemukannya kamu bisa cari Pain Poin apa yang paling menyakiti / mengganggu dirimu dan ingin kamu rubah, rubahlah melalui usaha yang akan kamu jalankan dan yang terakhir ke-3 adalah Action, lakukan sekarang juga jangan menunda-nunda dan terlalu banyak berpikir jika begini, jika begitu atau terlalu takut di awal.

Dari kiri-kanan: Zivanna Letisha (MC), Linda Lala (owner Cokelat Klasik), Flo (owner Noonaku), Sugeng (founder Desa Wisata Gunung Api Purba / Ngglanggren), Vicko (MC)

Nah begitulah rangkain acara Wirausaha Muda Mandiri Awards 2018 ini ditutup dengan pemberian doorprize kepada para tamu dan undangan, tak tanggung-tanggung hadiahnya bikin ngiler yaitu: 1 Handphone Samsung J5 Pro, Hardisk 1 TB, 2 Smartwatch Xiaomi, 2 unit Power Bank Xiaomi , 7 Handphone Evercross dan 4 Notebook Acer, WeOWe banget kan??!!!

Mupeng banget dah kalau liat rangkaian acara WMM dari tanggal 6 – 15 September 2018 kemarin jadi pengen ikutan WMM tahun depan, kamu juga kan? Yuk buat kamu yang pengen ikutan jadi pengusaha muda pantau terus akun @wrausahamandiri biar dapat kabar kalau mereka sedang membuka kompetisi seperti ini lagi.

Oke deh segitu aja ya cerita hari ini sampai ketemu di artikel selanjutnya..

Stay Ketje,

Anne Lesmana

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest
Pinterest
0Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on Tumblr
Tumblr
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *