Family

5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju SGM Eksplor

Hai Mams..

Selamat Hari Anak Nasional ya mams.. Setiap Hari Anak Nasional begini saya biasanya melakukan semacam evaluasi diri, duh berat banget kayaknya ya..hehe.. Gak berat-berat amat sih sebenernya mams, dan nggak harus nunggu hari anak nasional juga untuk melakukan evaluasi, hehe.. Palingan saya melihat lagi ke belakang apa yang sudah saya lakukan selama ini untuk anak-anak saya, apakah saya sudah mencukupi kebutuhan pangannya, sandangnya, pendidikannya; lalu apakah saya juga sudah mencukupi kebutuhan emosional mereka, kedekatan dengan mereka sebagai orang tua dan anak sekaligus sahabat; dll.

Jika dirasa ada kekurangan dalam diri saya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau hak-hak anak saya, saya akan mencari baik itu melalui buku, seminar atau kelas parenting, WAG, dll.

Syukur alhamdulillah saya punya lingkaran pertemanan yang men-support saya untuk hal-hal semacam itu. Seperti kemarin saya sedang bingung dengan kedua anak saya yang keduanya masih balita, kakak sudah umur 4,5 tahun dan adek 2,5 tahun. Saya tahu masa-masa balita adalah masa emas. Masa dimana anak-anak suka mengeksplor apa saja di sekitarnya, hal-hal baru yang menarik bagi mereka dan pada masa ini kita harusnya sebagai orang tua juga harus rajin-rajin mengeksplor bakat dan minat anak kita agar kita tahu kira-kira apa bakat dan minatnya sehingga nanti kita akan mudah membimbingnya mencapai cita-citanya, menjadi generasi maju, yang lebih baik dari generasi kita sekarang ini.

Tapi..Saya masih bingung apa ya kira-kira bakat dan minat anak-anak saya itu, karakter apa saja yang perlu dimiliki seorang anak agar kelak menjadi manusia yang dapat menjadi generasi maju, mampu bersaing sekaligus berkolaborasi dengan manusia-manusia lainnya untuk menciptakan dunia yang lebih baik, lalu hal-hal apa saja yang bisa saya lakukan untuk membantunya menjadi seperti itu?

Nah kebetulan salah seorang teman di lingkaran pertemanan saya ada yang mengajak saya untuk datang ke acara Festival Anak Generasi Maju yang diadakan oleh Susu SGM Eksplor, tanggal 22 Juli 2018 kemarin, bertempat di lapangan parkir timur Delta Plaza, katanya nanti akan ada seminar mengenai bagaimana kita dapat membantu menemukan dan mengembangkan potensi prestasi anak.

Singkat kata saya akhirnya ke sana pukul 09.45 dan di lokasi sudah penuh dengan orang-orang yang datang ke acara tersebut, acaranya juga tampak meriah, ada berbagai macam booth aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak untuk mengasah potensi kecerdasan mereka seperti booth kelas aktivitas olahraga, kelas kreativitas, lomba menggambar dan Mini Mobi (mobil yang didalamnya anak dapat bermain atau beraktivitas dengan media digital) yang berkeliling ke 8000 area di Indonesia sambil memberikan edukasi nutrisi.

 

Keseruan acaranya, ada berbagai mcm booth utk mengasah potensi prestasi anak

Acara tersebut ternyata juga didatangi oleh orang tua dan siswa PAUD dari Surabaya, Sidoarjo dan Gresik karena ternyata SGM Eksplor bekerja sama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam rangka memberikan edukasi nutrisi dan dana pendidikan.

Pengunjung dewasa dan anak-anak sangat antusias sekali mengikuti rangkaian kegiatan

Setelah berkeliling melihat keseruan acara festival tersebut akhirnya saya menuju booth media gathering untuk mendengar seminar parenting yang dipaparkan oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si, Psi yang lebih akrab dipanggil Mbak Nina. Tapi sebelum itu ada kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor yang menjelaskan visi SGM Eksplor yang sudah lebih dari 60 tahun mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan mengadakan edukasi nutrisi secara rutin untuk mendukung anak memiliki 5 potensi Prestasi Anak Generasi Maju, SGM Eksplor percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat mencapai cita-citanya.

Ibu Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor sedang menjelaskan visi SGM Eksplor dalam mendukung perkembangan anak Indonesia agar dapat menjadi anak generasi maju.

Lalu berikutnya Mbak Nina, psikolog anak dan keluarga tadi menerangkan lebih dalam lagi mengenai 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju tersebut yaitu:

Cerdas dan Kreatif. Anak yang tumbuh dengan nutrisi dan stimulasi yang tercukupi, akan  menjadi cerdas dan kreatif, selalu bisa memecahkan permasalahan yang ada dan penuh dengan ide-ide yang mengagumkan.

Tumbuh Tinggi dan Kuat. Dengan nutrisi yang cukup, anak akan tumbuh tinggi, sehat dan kuat, hal tersebut bisa dilihat dari pertumbuhannya sejak lahir, yang mana wajib selalu ditimbang berat badan,diukur  tinggi badannya, lingkar kepala yang dicatatkan pada buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Supel. Anak yang supel selalu mampu beradaptasi di lingkungan seperti apapun, tetapi tetap tidak lepas dari pengawasan orang tua agar memastikan selalu berada di lingkungan yang baik.

Mandiri. Anak yang tumbuh sehat, pastinya bisa mandiri, bisa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain, jangan lupa beri kepercayaan kepada anak untuk bisa menjadi seperti itu.

Percaya Diri. Punya anak percaya diri itu bukan semata anak yang senang tampil di panggung atau depan banyak orang, anak yang selalu percaya akan kemampuan dirinya, yakin akan keputusan yang diambil juga merupakan ciri anak yang tumbuh dengan percaya diri.

Mbak Nina, Psikolog, sedang menerangkan mengenai 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Nah sekarang saya jadi tahu apa saja yang perlu saya perhatikan dan kembangkan pada diri kedua anak saya jika ingin mereka setelah dewasa nanti bisa menjadi pribadi yang berguna bagi lingkungan sekitarnya sesuai dengan perkembangan zaman nanti, ke-5 aspek yang dijabarkan tadi saya rasa memang akan selalu diperlukan oleh setiap orang dalam menghadapi dunianya di masa depan yang mungkin tantangannya berbeda dari jaman sekarang.

Mbak Nina juga mengingatkan kita bahwa setelah kita mengetahui 5 potensi prestasi anak tadi kita juga tetap perlu memberikan stimulasi ke-5 aspek tumbuh kembang yaitu aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial secara bertahap dan terus-menerus karena potensi prestasi anak tersebut tidak tumbuh instant tetapi perlu diketahui dan dikembangkan sejak dini.

Sebelum Mbak Nina mengakhiri sesi seminarnya, saya juga bertanya mengenai anak saya yang kecil (Evlan, laki-laki 2,5 tahun) yang saya khawatirkan kurang bisa bersosialisasi karena kosa katanya masih sedikit (menurut saya apabila saya bandingkan dengan kakaknya yang perempuan di usia yang sama),  hanya dapat menggabungkan 2 kata, artikulasi juga masih belum jelas juga tidak memiliki teman sebaya di komplek kami, ternyata menurut mbak Nina untuk usia anak 2,5 tahun memang masih wajar apabila hanya baru bisa mengucapkan gabungan 2 kata saja dan artikulasi juga belum terlalu jelas,   untuk itu mbak Nina menyarankan saya untuk lebih rajin menstimulasinya, mengajak dia berbicara, membacakan buku cerita, dan bermain bersama.

Sedangkan untuk masalah sosialisasi selain sering diajak bermain bersama mungkin anak lebih sering diajak ke acara-acara dimana dia dia dapat berkumpul dengan anak sebayanya seperti acara Festival Sahabat Generasi Maju ini atau kalau saya (mamanya) sedang arisan bersama mama-mama yang lain yang juga sedang membawa anaknya, dll. Soal arisan itu saya juga baru terpikirkan, oke mulai sekarang saya akan lebih sering membawa para krucil saya jika ada acara yang melibatkan anak-anak.

Nah itu tadi ilmu parenting yang sangat bermanfaat yang saya dapat dari seminar yang saya ikuti dalam Festival Sahabat Generasi Maju kemarin semoga bermanfaat juga untuk para mama pembaca blog ini. Jika masih ada pertanyaan mengenai nutrisi atau stimulasi tumbuh kembang dan pendidikan anak-anak mama bisa berkunjung ke akun FB fanpage: @Aku Anak SGM (silahkan diklik) di sana nanti akan ada banyak sekali tips-tips yang terkait dengan segala masalah nutrisi dan perkembangan anak-anak, ada live chat juga jika ingin bertanya langsung pada ahlinya yaitu para dokter dan psikolog.

Oh iya, ada satu lagi sebagai wujud nyata komitmen SGM Eksplor terhadap bidang pendidikan, SGM Eksplor mengadakan lomba menceritakan potensi prestasi yang dimiliki anak-anak dengan menyertakan fotonya, sayangnya sekarang sudah dalam tahap seleksi untuk grand final. Grand finalnya tanggal 27-29 Juli 2019 di Summareccon Mal Bekasi, di sana nanti akan dipilih 25 pemenang yang akan mendapatkan beasiswa dengan nilai total 1 Milyar! WOW! Komitmen SGM Eksplor memang tidak main-main!

Pemberian hadiah undian

Yang kelewatan lomba tersebut seperti saya bagaimana? Berdoa aja ya mams supaya tahun depan acara seperti ini akan diadakan kembali dan kalau bisa lebih meriah dan lebih besar lagi hadiahnya..hehe..

Oke, sementara itu saja yang bisa saya bagikan untuk para mams, sampai jumpa di artikel lainnya.

Stay Ketje Mams..

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest
Pinterest
0Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on Tumblr
Tumblr
0

104 Comments

  1. Tertarik banget sama 5 poin anak maju. Tumbuh tinggi & kuat, cerdas, kreatif, supel, mandiri, percaya diri.
    Sepertinya anakku lemah di poin supel 😭
    Mungkin bener bisa dicoba dengan sering ajak anak arisan dll biar sering ketemu orang baru.
    Nice sharing 😍

    1. Iya mbak.. Mmg poin2 itu pntg utk anak2 maju ya..

  2. SGM selalu proaktif ya terhadap tum-bang dan karakter anak, nggak sekadar memproduksi dairy milk

    1. Betul mbak.. Skrg produsen hrs perhatian pd perkembangan anak ya..

  3. Acara-acara seperti ini sangat penting untuk perkembangan anak ya mbak, SGM majuuuu

  4. Bagus sekali artikelnya.
    Aku sukaa .

  5. SGM ini termasuk salah satu susu idola para emak sejak jaman dulu ya. Mampu bertahan puluhan tahun berarti memang kualitasnya terjamin

    1. Betul bgt mbak Arni, g mgkn bertahan sampe skrg klo g bgs ya.

  6. Makasih sharing ilmu parentingnya, Mam. Seru ya bisa ikutan event seperti itu. Andai di Tegal ada…

    1. Semoga segera ada di Tegal ya mbak jd bs ikutan.

  7. Zia

    Bagus banget acaranya. Banyak ilmu yang bisa didapat. Semoga kalo ada acara serupa bisa ikut berpartisipasi juga. 🙂

  8. Keren sekali acara Festival Anak Generasi Maju ini.
    sebagai #AnakSGM saya ikut bangga dengan SGM yang selalu aktif mengadakan acara positif untuk ibu dan anak

  9. Event SGM skrng semakin seru ya, bukan hanya di jakarta, sampe ke surabaya jiga dan kota2 lainnya. Sukses terus buat SGM.

  10. Tidak maluan tampil kedepan dan berani berkompetisi perlu dukungan orang tua

  11. Wah seru yah acaranya, pas acara puncak kemarin di Bekasi aku juga ikutan lho…

  12. Wah seru acaranya semoga bermanfaat buat anak anaknya ya mba, apalagi bisa nanya langsung sm pakarnya

  13. Wah… talkshownya bagus ya? Sayang kemarin aku pulang duluan. Soalnya ada kegiatan di tempat lain…

  14. aku juga lagi eksplor bakat anak nih, kemampuan verbal dia udah lumayan, dan bermain diluar itu perlu dibanyakin yaa.. keren, Mba!

  15. Pentingnya tumbuh kembang anak ya bunda. Apalagi bagi seorang ibu yg terus mengamatinya sepanjang hari. SGM sangat mendukung anak agar terus berprestasi mengasah keterampilan.

  16. Wah tema baru bih, menariueq.. aku bacanya sampai khusyu ❤️❤️

  17. SGM ini sering banget ya bikin2 acara2 terkait tumbang anak2. Wah ketemu Mbak Nina ya? Seru donk bisa nanya2 langsung ke pakarnya 😀

    1. Iya bnr bgt mbak. Wah sptnya mbak April srg ketemu mbak Nina ya?

  18. Seneng ya ikut acara seperti ini. Kita jadi dapat pengetahuan byk yak.

    1. Iya mbak, nmbh2 ilmu sekaligus berekreasi..

  19. Wah asik acara nya.. Sekali dateng banyak yang bisa didapet ya mbaaa..

    1. Iya mbak..dua tiga pulau terlampaui…hehe..

  20. Anakku yg nomer 2 ceriwis banget Mbam kalo di rumah. Tapi ternyata sulittt banget beradaptasi dengan lingkungan barunya (TK). Kurang supel berarti yaa.. TFS Mbak 🙂

    1. Blom aja mgkn mbak, msh thp penyesuaian, jgn berkecil hati, dipantau aja trrus mbak..

  21. Makasiih sharingnya Mbak.
    Senang banget ya Mbak bisa ikut seminar parenting gitu, bisa bertanya langsung pula, jd plong yah 🙂

    1. Iya mbak..enak ada ahli yg bs ditanyai n dimintain saran.

  22. Waaa asik bnget bisa ke acara parenting ini ya mba, bisa dapet banyak ilmu! Emak emak jaman sekarang wajibbb ikut *rajin belajar* 💃

    1. Haha..iya mbak bnr bgt, hrs rajin update ilmu parenting mbak..

  23. Wah serba meraaah 😍 seru banget ya acaranya mbak 😍

  24. Selain 5 poin di atas, akhlak anak juga harus dibina dengan baik.
    Salam

    1. Betul bgt pakdhe akhlak itu jg pntg, pntg bgt malah, terima kasih sdh diingatkan.

  25. Seneng lihat ada event gini. Bermanfaat bgt. Btw dulu waktu saya kecil minumnya susu SGM juga lho, mb 😁

    1. Wah nmbh satu lg ni anak SGM yg saya tau, bnr2 memperlihatkana generasi maju yg sbnrnya..hehe..

  26. SGM ini dulu trkenal sbg “susu-gula-minyak” ; anak sulung ku minum ini mba..- jadi bongsor dan sehat mba.. ^.^

    1. Oo..itu ya singkatannya ya.. knp minyak ya mbak.hehe.. bongsor n sehat mmg kriteria anak generasi maju mbak

  27. ah seru banget mbak
    dulu pas kecil susuku juga SGM
    jadi aktif dan PD deh ketje bangettt

    1. Hehe..tnyta anak SGM jg toh.. pantes ketje..hehe..

  28. Sering kayakanya ya.SGM bikin event2 sama bunda2 … Hehe

    1. Iya mas bnr bgt, ada pencarian mombassador jg thn lalu

  29. Ketje banget ya acaranya mba…. serasa ingin ikutan…

    1. Hehe..iya mbak..klo thn dpn ada ikutan aja mbak

  30. Wah serunya, SGM susu yg mengiringi pertumbuhan anak indobesia ya mom

    1. Betul mam.. Anak Indonesia bnyk yg mnm susu SGM

  31. Setuju banget untuk ajarkan anak bersosialisasi. Bermain bersama kawan-kawan seumurannnya.

    1. Huum mbak klo g bs sosialisasi repot, qta manusia sosial, butuh org lain, bersama apapun akan lbh mudah.. 😊

  32. Emie mily

    Seru ya punya anak…kok aku jd baper *efek blm punya anak

    1. Yah.. Maaf mbak.. Jgn bersedih.. Mgkn belum wkt yg tepat, khusnudzon aja sama Allah.. #peluk. Btw makasih udah mampir d blogku yaa..

  33. Wah seru ya mbak acaranya. Dan pastinya bermanfaat sekali ya. Semoga saya punya kesempatan hadir di acara berikutnya deh

    1. Amiiin.. Semoga ya mbak, sapa tau aq jg bs ikutan lg thn dpn n bs ketemu mb Eny lg.. 😊

  34. Lengkap bangettt acaranya, seru dan penuh ilmu yaa.. Kerennn….

    1. Iya mbak.. Semua keluarga senang.. 😊

  35. Wah seru banget acaranya mbak. Walopun belum nikah tapi seneng liat acara parenting gini. Secara g langsung bisa bantu turut andil mengasah kemampuan anak-anak kalau pas main sama sepupu-sepupuku yg masih balita. praktek dini lah hehehe

    1. Haha.. Persiapan ya.. Calon ibu yg baik ni.. Hehe..

  36. Hi mba seru acarannya yah belum pernah ikutan hehehe ada edukasinua juga yah 🙂

    1. Iya mbak.. Ilmunya penting buat ibu2 spt qta.

  37. Wahh seru banget kayaknya mb. Mana banyak ilmu dan manfaatnya lagi

  38. Aku juga kayaknya harus mendalami anakku nih supaya tahu minat dan bakatnya 🙂

    1. Iya, yuk mbak, biar qta bs mengoptimalkannya dr skrg.. 😊

  39. Ini susu pilihan pas aku muda dulu, ya aku pernah muda dulu.

    1. Wkwkwk.. Aq kira muncul lgsg gede bgini.. Hihi..

  40. Saya sukaaa sekali acara parenting seperti ini, sungguh menambah wawasan dan bikin kita instropeksi soal pengasuhan anak. Thanks for sharing mba, semoga next ada juga di Makassar 🙂

    1. Iya mbak, bermanfaat sekali utk ortu n anak ya.. Semoga thn dpn ada d Makassar ya mbak

  41. Acara-acaranya SGM selalu keren ya, semoga tahun depan nggak ketinggalan info lomba2nya SGM

    1. Amiiin.. Iya biar bs ikutan lomba, sapa tau bs dpt juara.. 😊

  42. 5 potensi yang benar-benar harus bisa dimaksimalkan ini mah… jangan sampai salah mengambil langkah…

    Karena mereka adalah generasi masa depan..

    1. Betul bgt.. Merekalah masa dpn qta..

  43. Kemarin aku dtg ke acara grandfinal Festival Anak Generasi Maju di Sumarecon Mall Bekasi. Seru bgt acaranya dan ternyata bakat minat anak itu hrs digali dan dikembangkan sedini mungkin. Shg anak mampu mengeksplor potensi yg dimilikinya.

    1. Wah ikutan grand finalnya.. Pasti seru tuh liatin penampilan anak2 berbakat.. Betul mbak, anak2 perlu qta bantu utk menggali bkt n minatnya,semoga anak2 qta tmsk anak generasi maju ya..

  44. Wah jadi pengen nikah terus punya anak terus suruh istri ikut acara ginian 😀

    1. Haha.. Amiiin mas.. Aq doain segera dpt jodohnya aja dlu yaa.. Hehe..

  45. Suka banget acara yang seperti ini, anak dan orang tua dapat edukasi

    1. Bener bgt mbak! Semoga thn dpn ada lgi yaa..

  46. Wih.. seru banget ya acaranya mb. Ada edukasinya pula. Jadi nambah ilmu juga 🙂

  47. Setelah di Surabaya, kota selanjutnya di mana mba? Acara SGM selalu seru ya mba

    1. Terakhir di Sby itu mbak krn tgl 27 kmrn udah grand final. Humm.. Selalu seru..

  48. Seru banget ya mba acaranya,
    Ga nyesal ikutan 😊

    Salut ama dukungan SGM Eksplor terhadap potensi anak bangsa

    1. Iya dukungannya g main2 ya mbak.. Beruntung ada SGM untuk anak2 Indonesia yaa..

  49. Hiii mba… wah seru banget yaaa acaranya.. pasti banyak banget ilmu yang bisa diserap.. sering pengn ikutan acara sgm, tp blm pernah dapet nih kesempatannya.. tqu sharringnya yaaa sista

    1. Wah semoga k dpn ada kesempatan ikutan ya mbak.. Makasih dah mampir.. Btw kangen ngobrol ma kmu, dgrin guyonanmu d grup dlu.. 😊😘

  50. Anankku yang paling kecil juga minum SGM hehe. Dia suka banget, gak mau minum yang lain.

    1. Anak pinter.. Bagia dr generasi maju di masa dpn ni pasti

  51. prananingrum

    sgm eksplor oke …

  52. Hastira

    makasih sharingnya

  53. Anak2 pasti suka kalo diajak kesini ya…seru dan bergizi

  54. Keren sekali ya mbak acara yg diadakan sama SGM, mengedukasi banget heee

  55. Seru banget acaranya ya, bergizi pula. Sayang aku ga bisa datang…

    1. Iya mbak.. Sayang ya sampeyan gbs dtg,pdhl mombassador ya.. Hehe..

      1. Iya mbak… ribet sama anak anak, baoaknya pas gak libur…

  56. Wah kayak jaman kecilku banget ini mbak hahaha

    1. Yg mana mas? Anakku yg kecil ta?

  57. Wah ada di Surabaya juga ya. Kemarin baru aja ikut yang di Jakarta.

    1. Wah Jakarta pasti lebih seru yaa..

  58. Oh ada lombanya juga ya, pengen ikut tapi belum jadi mama hehe… suatu saat moga bisa ikutan. Seru banget ya acaranya.

    1. Hehe.. Jgn dlu mbak.. Nanti aja klo dah nikah skrg ajak ponakan aja klo ada acara spt itu lg

  59. Acaranya seruu ya. Menambah wawasan untuk ibunya dan sukses membuat anak2 jadi seneng.

    1. Iya mbak.. Seru n bermanfaat bgt

  60. SGM selalu tahu yang orangtua butuhkan utk anak .. Event nya the best banget! Ketje deh pokoknya.. Hehe.. Tfs mama ketje..

    1. Betul ma.. Ketje abiss.. Hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *