Family, Social Issues

Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air Sedini Mungkin Pada Anak

Beberapa waktu terakhir ini kita sering merasakan bahwa Ibu Pertiwi kita, Indonesia, sedang diuji, mulai dari adanya ormas yang tidak berideologi Pancasila di negeri kita ini padahal mereka hidup dan tinggal di negara yang menggunakan ideologi tersebut (alhamdulillahnya mereka sudah ditetapkan sebagai ormas yang terlarang); terbaliknya gambar bendera Indonesia di buku SEA GAMES 2017

Banyaknya ujaran-ujaran kebencian yang saling menghina sesama anak bangsa hanya karena berbeda agama, suku dan pandangan politik sehingga menimbulkan gejolak atau pengkotak-kotakan di dalam masyarakat, saling mencurigai sampai memutuskan silaturahmi bahkan saling berkelahi, berperang, membakar rumah ibadah pemeluk agama yang berbeda.. *sedih..  dan tau nggak Mams ternyata penyebar berita hoax dan ujaran kebencian / hatespeech tersebut ternyata ada sindikatnya, yang dikenal dengan sindikat Saracen, mereka dibayar oleh oknum tertentu yang ingin negara ini kacau, tak tanggung-tanggung mereka dibayar puluhan sampai ratusan juta rupiah! Duh gemes deh, sesama anak bangsa kok ya mau menghancurkan bangsa dan negaranya sendiri.. huuh.. *gemes pengen remes..

Untuk itulah Rasa Cinta Tanah Air harus dipupuk sejak dini, Mams..

Apakah sebenarnya Cinta Tanah Air itu? Kita mulai dulu dari pengertian cinta, cinta mengandung unsur kasih dan sayang terhadap sesuatu, dari rasa kasih dan sayang tersebut maka ada keinginan untuk merawat, memelihara dan melindunginya dari segala bahaya yang mengancam.

Cinta Tanah Air berarti rela berkorban untuk tanah air, membelanya dari segala macam ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri; mengabdi pada tanah tumpah darah di mana dia dilahirkan.

Definisi lain dari cinta tanah air adalah rasa bangga, rasa memiliki, rasa menghormati dan loyalitas kepada tanah air dia dilahirkan atau negaranya termasuk mencintai adat atau budaya di dalamnya dengan cara melestarikan kebudayaan tersebut beserta alam seisinya di dalam negara tersebut.

Mengapa kita perlu memiliki rasa cinta tanah air tersebut?

Perjuangan para pahlawan yang telah membuat kita hidup merdeka, lepas dari penjajahan, bisa hidup aman dan tentram, bisa bebas medsos-an, buka FB, IG, Twitter sampe baca blog saya ini, semua atas jasa-jasa para pahlawan tersebut nah kalau kita tidak mencintai tanah air kita maka kita akan acuh terhadap bangsa dan negara kita, “terserah lu dah mau gimana..”, padahal sikap acuh tak acuh itu akan merugikan diri kita sendiri, bagaimana jika bangsa kita dapat ancaman dari dalam negari atau luar negari yang ingin memecah belah bangsa kita? Kita akan kembali hidup dengan ketakutan seperti jaman perang lagi? Mau FB-an, IG-an atau baca blog saya ini sambil takut-takut kalau-kalau ada bom yang menghantam rumah atau suara senapan terdengar di sekitar.. Naudzubillah.. Mau cari rejaki pasti jadi susah, terpisah dari keluarga atau sahabat.. Duh pokoknya namanya perang tu nggak enak banget, emang sih saya nggak pernah ngalamin yang namanya perang tapi kalau lihat perang-perang yang di Suriah dari layar TV, duh.. Jangan bilang nggak mungkin lho Mams.. apapun bisa terjadi jika kita acuh tak acuh dengan tanah air kita..Saling menghina, saling mencurigai sampai membenci sesama anak bangsa juga termasuk sikap acuh tak acuh pada bangsa ini karena akhirnya itu akan menimbulkan perpecahan dan akhirnya ancaman dari luar jadi gampang masuk.. jangan sampe ya Mams..

Dengan rasa cinta tanah air juga akan tumbuh rasa bangga kepada tanah airnya yang akhirnya menumbuhkan jiwa loyalitas yang tinggi, membuat kita akan melakukan apapun yang terbaik bagi bangsa ini, menjaganya, memajukannya sehingga semakin terpandang di seluruh dunia.

Sejak kecil rasa cinta tanah air sudah harus ditanamkan Mams, supaya dia bisa mengetahui akar / jati dirinya, supaya timbul rasa bangga dan percaya diri sebagai warga negara Indonesia, ketika nanti dalam era globalisasi, semua warga dunia saling berkompetisi mereka tidak rendah diri karena mereka hidup di negara yang besar, terdiri dari 17.000 pulau, 1340 suku bangsa (sensus BPS 2010), 741  bahasa daerah (sumber: otonomi.co.id) , dan semua disatukan dengan Pancasila – Bhineka Tunggal Ika, dengan rasa cinta tanah air mereka akan melakukan yang terbaik bagi tanah airnya, mereka akan menjadi generasi yang cemerlang karena rasa cintanya pada tanah airnya, tidak mau kalah bersaing dengan bangsa-bangsa yang lain, bangsa dan negaranya akan semakin besar dan makmur, rakyatnya semakin sejahtera karena rakyat-rakyatnya yang mencintai bangsa dan negaranya.

Bahasa kasarnya Mams, sudah lahir, makan, minum, mandi, berak, beranak pinak  di tanah Indonesia masak ya nggak mau mencintai tanah airnya? Janganlah dengan alasan semua tanah di dunia ini milik Tuhan maka tidak perlu mencintai suatu negara, ingat Mams, mencintai tanah air itu adalah sebagian dari iman, “Hubbul wathan minal iman”, jadi jangan sampai para Mams yang ketje-ketje ini tidak mengajarkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak kita.

Bagaimana cara mengajarkan cinta tanah air sejak dini Mams?

Ini ada beberapa tips dari saya yang sudah dan sedang saya terapkan pada anak-anak saya

Sejak dalam kandungan

Kebetulan waktu saya masih sekolah SD saya pernah ditunjuk untuk mengikuti lomba menyanyi lagu-lagu nasional jadi saya lumayan hafal jadi ketika hamil selain lagu-lagu anak-anak saya juga menyelipkan lagu-lagu nasional yang masih saya hafal seperti Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Rayuan pulau Kelapa selain itu lagu-lagu daerah juga saya selipkan Mams, misalnya Cublek-cublek suweng, Lir-ilir, bunga jeumpa, Manuk dadali, ampar-ampar pisang dll..

Buat Mams yang nggak hafal mungkin bisa cari di youtube, sekarang banyak channel anak-anak yang isinya lagu-lagu nasional dan daerah-daerah di Indonesia, misalnya seperti:

Lagu nasional dan Lagu daerah

 

Usia 0-2 tahun

Setelah lahir saya juga masih memperdengarkan lagu-lagu daerah tersebut pada anak-anak saya, biasanya sambil menina bobokan mereka, tentu saja pilih lagu yang nadanya menenangkan ya mams. Jika sudah agak besar (1 tahun ke atas) saya ajak mereka nyanyi sambil bertepuk tangan atau bahkan ditambahi sedikit gerakan sederhana.

Saya juga sudah menunjukkan garuda pancasila dan bendera merah putih pada anak saya yang waktu itu berusia 2 th.

Kenalkan bahasa Indonesia sedini mungkin, jika Mams terbiasa menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari, kadang-kadang selipkanlah bahasa Indonesia dalam percakapan kita.

Usia 3-5 tahun

Kenalkan pada beberapa tarian daerah, bisa menonton TV atau channel youtube yang menayangkan tari-tari daerah di Indonesia, jelaskan pada mereka bahwa ada banyak tari tradisional di Indonesia, Indonesia adalah negara yang besar dan kita tinggal di dalam negara yang bernama Indonesia ini.

Mams juga dapat mengajak anak-anak untuk menonton tari tradisional secara langsung jika ada pertunjukkan seni di daerah Mams masing-masing kunjungilah situs-situs pariwisata dan kebudayaan daerah Mams masing-masing atau cari instagram yang berisi info pariwisata dan kebudayaan daerah Mams biasanya info-info seperti itu mudah didapatkan di sana.

Jika anak kita menunjukkan ketertarikan pada tari daerah boleh lho kita mengajari atau mengkursuskan mereka ke sangar tari tradisional, mungkin dipilih gerakan tari yang sederhana terlebih dahulu.

Bacakan cerita-cerita / legenda dari berbagai macam daerah di Indonesia

Belilah buku cerita yang berisi tentang rasa cinta tanah air, nasionalisme, kebhinekaan dan bacakan pada mereka, jangan lupa tekankan nilai-nilai positif yang ingin disampaikan dari cerita tersebut. Seperti buku yang satu ini: Buku Cinta Tanah Air

Jika di daerah tempat tinggal Mams ada lomba-lomba agustus-an Mams sudah bisa memberi mereka kesempatan untuk mengikutinya dan bergembira bersama merayakan kemerdekaan.

Ajarkan kepada mereka untuk mematikan keran air dan listrik jika tak terpakai, membuang sampah di tempatnya, menyayangi hewan dan tumbuh-tumbuhan karena itu berarti menjaga kelestarian lingkungan yang kita tinggali, negara Indonesia dan itu juga termasuk cara mencintai tanah air kita.

Jika anak-anak sudah mulai waktunya sekolah pilihlah sekolah yang bagus Mams yang juga mengajarkan rasa cinta tanah air, toleransi antar umat beragama dan yang berlainan suku karena setelah dewasa mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang akan menjaga perdamaian dan persatuan di republik ini.

 

Nah mungkin segitu aja Mams untuk sementara yang bisa saya bagi karena anak saya belum ada yang melewati usia 5 tahun, mungkin kalau sudah lewat akan dibuat lanjutannya suatu saat nanti.

Semoga dengan sejak dini kita ajarkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak kita, anak-anak kita bisa menjadi generasi penerus yang cemerlang yang bisa berbakti pada nusa bangsa, menjaga perdamaian di negara tercinta, tidak mudah terhasut pihak-pihak yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa ini baik secara langsung maupun berita-berita hoax yang bertebaran di sekitar kita, amiin..

Silahkan tambahkan di kolom komentar apa yang sudah Mams lakukan bersama anak-anak untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air ya..

Oh ya Mams, sampe lupa, artikel ini saya buat untuk memenuhi #arisanbelajarblogging yang saya ikuti dan kali ini pemenangnya adalah mbak @dekcrayontata, silahkan mampir ke blognya yang banyak artikel-artikel parentingnya seperti misalnya artikel yang satu ini: Saat Orang Tua Menitipkan Mimpinya

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest0Share on Facebook26Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

28 Comments

  1. […] program yang digagas oleh Presiden Indonesia yang ke-7, sudah waktunya Revolusi Mental dilakukan. Sudah waktunya menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, menjadi warga negara yang […]

  2. Mendengarkan lagu lagu daerah teryata memang cara paling sederhana yang bisa kita lakukan ya mba. Salut dengan upaya mba Anne untuk menumbuhkan kemerdekaan pada diri anak 🙂

    1. Iya mbak.. terima kasih apresiasinya..

  3. Bener tuh mbaak. Memang harus sejak dini ya soalnya kalo udah gede ntar tambah susaaah buat nerima itu karena udah banyak budaya-budaya asing yang diserap 😀

    1. Iya mbak, biar selalu ingat akar budayanya..

  4. Kayanya lewat dari 5 tahun cocoknya langsung ajak naik gunung kali ya kak? 😀

    http://www.irhamfaridh.com

    1. Hehe..boleh juga tu mas..

  5. Sementara ini yang bisa Saya lakuin ya ngajari anak nyanyi lagu daerah & Nasional. Kalo anak udah TK nanti rencana pengen masukin ke sanggar tari tradisional kaya mamanya dulu. Hihi.
    Walaupun ikutan ballet juga keren si.

    1. Wah mamanya pinter nari tradisional..ketje! Gpp mbak balet jg bagus, seimbang aja kenalin trend budaya lain tp ttp diimbangi dgn pengenalan budaya Indonesia.. 😊

  6. kurang cinta apa lagi sama indonesia??? pakai kipas angin aja maspion..

    1. Hahaha.. cintailah ploduk2 Indonesia.. top koh.. 😁👍

  7. Salut buat mama yg ngenalin cinta tanah air sejak dini..

    1. Terimakasih mam.. 😊

  8. Setelah mengenalkan agama, penting juga menanamkan rasa cinta tanah air ini ke anak2. Kurang lebih cara yg kita pakai sama mba. Salam kenal 😊

    1. Iya mbak. betul agama jg penting diajarkan pd anak, diajari ttg cinta tanah air jg tak boleh dilupakan.. salam kenal balik mbak.. 😊

  9. Wah bener jg ya mak, sejak kecil selain diajarin ngaji, anak2 bisa diajarin cinta tanah air dengan belajar nyanyian, nama2 pahlawan dll
    TFS idenya 😀

  10. setuju juga Mbak. mungkin ada yang mikir ga terlalu penting ya ngajarin anak kecil soal cinta tanah air, tp nyatanya akan berpengaruh ketika mereka besar. thanks ya mba ngingetin lagi

    1. Betul mbak.. dampaknya akan terasa ketika mereka bsr nanti.. sama2 mbak.. saling mengingatkan.. 😊

  11. Setuju banget mbak
    Semangat cinta tanah air memang harus dipupuk sejak dini agar anak2 punya kebanggaan lahir dan besar di tanah indah Indonesia

    1. Betul bgt mbak.. tanah air yg indah begini masa’ qta g bangga hidup di dlmnya.. jd hrs qta cintai dan pelihara..

  12. Alhamdulillah sejak kecil saya punya banyak teman dari berbagai suku saat masih tinggal di Sorong, Papua Barat.
    jadi banyak belajar dari lingkungan teman yang majemuk juga

    1. Wah.. prnh tggl di papua.. aq plg jauh cm di NTT..
      Bnr mbak tggl di daerah yg qta bkn mayoritasnya bikin kira bljr sesuatu, toleransi n cinta kasih antar sesama..

  13. Salam kenal mbak
    Biasanya saya dan suami pas travelling sambil mengenalkan kebudayan daerah setempat, sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air.

    1. Hmm.. bagus bgt tu mbak.. bs dicontoh itu.. makasih mbak.

  14. Mari tumbuhkan cinta tabah air pada anak lebih dini agar besarnya mampu memberikan yg twrbaik utk nusa dan bangsa. Merdekaaaa….

    1. Demi nusa dan bangsa.. 👍👍 merdeka!!! Hehe..

  15. Salam kenal mbak.. Setuju banget niih. Rasa cinta tanah air harus ditanamkan sedini mungkin. Anakku umur 5 tahun, sekarang lagi seneng-senengnya belajar kesenian daerah sama kenalan dengan rumah-rumah adat 🙂

    1. Wah senengnya.. anakku blom tau ttg rumah2 adat.. kyana enak klo diajak ke TMII kali ya mbak.. hehe..

Leave a Reply

Required fields are marked*