Family, Traveling

​11 Libur Long Weekend di Tahun 2017, Siapkan Rencana Liburanmu Dengan Baik Mams..

Liburan Long Weekend Bersama Keluarga

Hai Mams..

Udah pada tau belum kalau di tahun 2017 ini kita punya 11 libur long weekend di luar libur hari raya Idul Fitri lho..

Kalau nggak percaya coba lihat kalender ini deh Mams..

Courtesy: www.detik.com

Nah, gimana? Banyak kan? Udah ada rencana untuk tiap-tiap long weekend tersebut Mams? Mau kemana? Liburan di dalam negeri aja atau ke luar negeri?

Kemanapun tujuannya, kita harus mempersiapkan liburan long weekend dengan baik Mams.. Yuk simak tips berikut ini agar kita dapat benar-benar menikmati liburan.

Selesaikan pekerjaan minimal seminggu sebelum tanggal keberangkatan

Mungkin bagi Mams yang bekerja sudah mengajukan cuti jauh-jauh hari, nah untuk itu segera selesaikan pekerjaan sebelum tiba tanggal cuti kita dan delegasikan tugas kepada anak buah kita / team kita agar pekerjaan tetap terselesaikan atau  terlaksana walaupun kita tidak sedang ada di kantor.

Bagi yang memilki usaha sendiri, informasikan kepada pelanggan bahwa tanggal liburan Mams akan segera tiba, jadi mungkin Mams hanya melayani sedikit order atau mungkin akan libur menerima order seminggu menjelang hari libur tersebut. Tetapi jika memiliki karyawan mungkin Mams tidak perlu menghentikan usaha, Mams cukup mendelegasikan tugas-tugas kepada mereka tetapi pastikan mereka sudah paham dalam mengendalikan usaha yang Mams sudah rintis.

Rencanakan kegiatan yang akan dilakukan selama liburan

Apakah ada agenda mengunjungi beberapa tempat wisata, tempat kuliner yang sudah jadi incaran selama ini. Jika Mams belum tahu ingin ngapain saja di tempat tujuan, maka segera browsing tempat-tempat dan kegiatan seru apa sajakah yang bisa dilakukan di daerah tujuan tersebut.

Rencanakan yang matang

Persiapkan alat transportasiJika liburan long weekend yang jadi tujuan Mams cukup jauh maka ticket perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Ticket kereta api dan pesawat dapat dipesan maksimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Jika tujuannya cukup dekat maka mungkin menggunakan kendaraan pribadi saja sudah cukup, tetapi pastikan kendaraannya cukup fit untuk bepergian ya Mams, karena itu jangan lupa diservis berkala sebelum tanggal keberangkatan. Minimal sehari sebelum berangkat kendaraan juga perlu dicuci, sehingga ketika digunakan sudah bersih dan nyaman digunakan.

Siapkan kendaraan untuk liburan

Jika Mams tidak membawa kendaraan sendiri persiapkan juga transportasi apa yang kira-kira akan anda gunakan selama di daerah tujuan.

Persiapkan akomodasi

Cari hotel jauh-jauh hari

Sudah tau akan menginap di mana nanti setelah sampai di kota tujuan? Siapkan hal tersebut sekitar 1 bulan sampai 2 minggu sebelum hari kedatangan di kota tersebut,  karena jika kurang dari 2 minggu Anda akan sulit menemukan akomodasi yang nyaman dan terjangkau dari biasanya, harga penginapan bisa naik gila-gilaan jika peak season.

Pilih juga akomodasi  yang dekat dengan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi, karena jika terlalu jauh maka akan waktu akan terbuang habis di perjalanan. Syukur-syukur jika ada akomodasi di dalam tempat tujuan wisata tersebut.

Siapkan rute 

Jika Mams akan berlibur dengan kendaraan sendiri pastikan mulai memikirkan rute mana yang Mams ambil dan perlu dipertimbangkan daerah-daerah mana yang biasanya terjadi kemacetan, antisipasi dengan memikirkan rute alternatif karena ketika long weekend akan banyak sekali orang yang akan berlibur dan bisa dipastikan macet akan terjadi dimana-mana. Rute berangkat dan rute pulang juga ya Mams.

Tidak mau mengalami macet begini kan? Rencanakan rutenya!

Untuk empat  poin sebelum paragraf ini, akan sangat terbantu jika Mams menggunakan jasa travel agent karena mereka sudah memilki rangkaian acara dan destinasi wisata, kemudian mereka telah menyiapkan transportasi dan akomodasi yang nyaman untuk Mams beserta keluarga sehingga Mams, tidak perlu repot menyiapkannya sendiri.

Untuk tujuan domestik saya bisa merekomendasikan travel agent milik teman saya, travel agentnya ini bisa diarrange sesuai dengan keinginan Mams dan keluarga. Travel agent ini bernama Fastkho Trip. Travel agent ini biasa meng-arrange liburan para backpacker dari luar negeri, mereka biasanya mencari liburan yang murah tapi tetap berkualitas, nah jadi jangan takut soal biaya dan jangan takut juga kalau liburannya bakal boring, walaupun termasuk baru tetapi mereka sudah biasa mendampingi dan mengatur liburan banyak wisatawan dalam dan luar negeri. Fastkho Trip menjadikan trip-mu memorable. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Fastkho Trip ini silahkan langsung kontak mereka melalui:

Instagram: Fastkhotrip

WA: 085655 565036

Siapkan kondisi kesehatan seluruh keluarga

Long weekend pasti semua anggota keluarga ikut dong ya Mams? Kalau begitu siapkan kondisi mereka jauh-jauh hari agar tetap fit saat akan dan sedang berlibur nanti. Oleh karena itu jaga asupan makanan seluruh keluarga, kalau perlu tambahkan multi vitamin. Jika anak-anak masih kecil, mereka rentan penyakit menular, batasi mereka bermain dengan teman-temannya yang sedang sakit. Mams sendiri juga jangan terlalu capek.

Packing keperluan yang akan digunakan selama liburan

Persiapkan apa yang akan dibawa selama liburan dengan cermat

Keperluan ini tergantung siapa saja dan ikut dan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan selama liburan. Persiapkan hal ini mulai seminggu sebelum keberangkatan, jangan pakai pakaian yang akan dipakai untuk pergi dulu selama seminggu tersebut. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

Pakaian, sesuaikan dengan tempat tujuan

Alas kaki, sesuaikan dengan tempat tujuan

Peralatan Mandi (terutama untuk yang bawa bayi)

Obat-obatan dasar, P3K dan multivitamin untuk seluruh keluarga

Termometer

Susu jika bayi atau balita kita masih minum susu

Makanan dan perlengkapan makannya jika anak masih MPASI, camilan untuk di perjalanan

Alat dokumentasi (Bisa kamera atau kamera handphone)

Mainan agar anak tidak bosan di perjalanan, jika membawa mobil sendiri dan kebetulan mobilnya ada video playernya maka bawa juga beberapa VCD untuk diputar saat di perjalanan.

Aksesoris untuk menunjang penampilan seperti jacket, topi, kacamata, baju renang jika ada agenda berenang di hotel atau di pantai.

Kosmetik dan Skincare, jangan lupa Sun block jika ingin bermain di pantai atau bermain di siang hari. Dan pelembab atau moisturizer dan lip balm jika berlibur ke daerah yang dingin

Stroller atau carier yang nyaman. Jika tidak membawa kendaraan sendiri saya lebih menyarankan untuk me nyewa stroller di daerah tujuan, mulai cari info mengenai pernyewaan tersebut sekitar 2 minggu sebelum keberangkatan. Jika tidak ada stroller dan stroller sangat diperlukan mungkin bisa membawa sejak dari rumah, pastikan yang mudah dilipat, ringan sehingga mudah dibawa.

Nah sementara itu dulu tips dan saran saya untuk mempersiapkan liburan long weekend.  Sudah siap untuk liburan long weekend pertamamu di tahun 2017, yang jatuh pada tanggal 25  28 Maret 2017 ini? Semoga dengan berbagi tips persiapan liburan ini, liburan Mams dan keluarga menjadi liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan

Baca juga persiapan liburan ala mbak Enny Mamito

Enjoy your long weekend trip!!!

@annelesmana

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

7 Comments

  1. mempersiapkan rute perjalanan memang penting ya, spy gak nyasar dan ngabisin waktu di jalan

  2. kalau mau liburan memang agak banyak yang mau disiapin ya mbak. Apalgi kalau liburannya agak lama 😉

  3. waktu ternyat berjalan dengan cepat, gak nyangka Idul Fitri sudah makin dekat.
    harus dipersiapkan neh biar gak ketetaran
    makasih sharing dan infonya

  4. liburan apalagi bareng keluarga memang harus bener2 di siapkan mbak. kalau saya biasanya siapin hotel dan pesawat dr awal krn yg kuras uang banyak dua hal itu

    1. Iya ya mbak, klo perlu nabung jauh2 hari yaa..

  5. Aku termasuk yg suka ngitungin tanggal merah, haha. Karena di tanggal merah itu aku sama keluarga bisa pulang kampung. Seringnya sih pulang kampug, karena suami ga bisa libur banyak2, hehe. Itupun sudah seneng banget

    1. Haha.. Iya mbak.. Sama.. Apalagi dlu wkt jaman2 msh kerja..

Leave a Reply

Required fields are marked*