Blogging

Catatan Ketika Memutuskan Membuat Giveaway Untuk Blog

Edit
Hallooo… Jumpa Anne di sini.. *dinyanyikan dengan nada lagu anak-anak era 90an  Haha.. Apa sih nggak penting banget.. *ketauan banget umurnya berapa

Ih penting kok, aku mau ceritain dan ngucapin terima kasih buat para peserta dan para sponsor #mamaketjegiveaway1 yang berakhir tanggal 28 Desember kemarin, *what?? Hehe.. maapkeun mama satu ini ya, habis baru sempet, anak, suami pada sakit berjamaah, kemarin mau liburan akhir tahun bareng keluarga suami aja nggak jadi, padahal semua pada dibooking, mana semua saya yang pesenin, cuma pesen aja sih, yang bayarin udah ada, penyandang dana tetap, hahaha.. *sungkem sama kakak ipar

 

Nah karena beberapa waktu yg lalu saya baru saja mengadakan giveaway untuk blog saya ini, maka saya mau mengucapkan terima kasih. Makasih ya atas partisipasinya, baik dari peserta maupun dari para sponsor, tanpa kalian giveaway ini pasti akan terasa hampa #opoae eh tapi beneran, kalau nggak ada peserta n sponsor ya nggak mungkin ada giveaway ini donk..

Oke, sekarang langsung ke hal-hal apa saja yang bisa jadi catatan selama menggelar acara giveaway ini, pantengin terus ya.. *sedia camilan

Jadi gini, acara #mamaketjegiveaway1 yang  kemarin saya bikin itu kalau diukur dengan indikator giveaway yang selama ini  pernah saya adakan sih bisa dibilang berhasil. *yay!!!

Eits, jangan percaya atau nyinyir dulu sebelum tahu faktanya. Saya pernah ngadain giveaway dalam rangka hari wedding anniversary saya yang ke 3 kalau nggak salah, as a seller ya, pedagang tas kulit ular asli, yang mau mampir liat produk-produknya boleh lho.. kepoin aja di @arianne_van_java, *yah..promosi dia . Nah waktu itu nggak ada yang ikut sama sekali bo’! haha.. Yang sekarang alhamdulillah ada 28 orang yang ikutan, wow! Pencapaian banget ya! *serius lu? Bagi saya pribadi sih..hehe.. Tapi itu karena saya perpanjang juga sih, harusnya berakhir tanggal 14 Desember jadi saya mundurin 2 minggu lagi karena ya pesertanya blom mencapai yang saya harapkan *padahal harapannya sih bisa ratusan atau ribuan yang ikutan *ngarep, dan karena ada sponsor yang kancrit, ikut belakangan, dia kasih saran untuk diperpanjang jadi diperpanjang deh..hehe..

Tapi ngobrol-ngobrol sama beberapa temen, baik yang blogger atau pemilik olshop yang pernah ngadain giveaway, peserta dengan jumlah segitu itu udah bagus untuk pertama kali ngadain giveaway, sebagai seorang blogger ini kan memang pertama kalinya saya ngadain giveaway, ya alhamdulillah deh kalau gitu..

Giveaway saya ini beneran modal nekat karena saya mengandalkan teman-teman saya yang sudah punya usaha untuk mau jadi sponsor acara ini, awalnya kuatir nggak ada yang mau, tapi memang beneran, awalnya ditolak, diketawain, dinyinyirin.. tapi saya nggak patah semangat, saya buat proposal yang cukup menarik, win-win untuk saya dan mereka dan bermodal mental nggak boleh menangnya sendiri akhirnya ada 14 sponsor, sebenernya ada 15 sih cuma di akhir acara ada masalah yang saya sendiri juga nggak tau letak masalahnya dimana, lho kok gitu? Off the record aja kalau yang ini.. hehe..

Ya walaupun seperti di awal tadi ekspektasi saya terlalu tinggi dengan jumlah peserta tapi alhamdulillah sampe hari terakhir ada sekitar 28 peserta. Kalau dicek di IG ada yang pake hashtag ada yang nggak, langsung tag saya, jadinya jumlah kalau dicek pake hashtag nggak sampe segitu.

Apa sih yang bikin giveaway ini cukup berhasil? At least bagi saya yaa..

Hadiah dari sponsor

Banyaknya sponsor yang ikut mendukung giveaway ini, yang berarti banyaknya produk             yang  dijadikan hadiah, banyaknya barang yang jadi hadiah kemarin kalau nggak salah         sekitar37 items, dengan nominal sekitar 4 juta rupiah, buat orang lain mungkin itu kecil          atau biasa aja, buat saya itu banyak banget.. Makasih ya para sponsorku yang super baik            hati *sungkem satu-satu

Walaupun ini nggak bisa saya nikmati sendiri, dijadiin hadiah giveaway, buat saya ini pencapaian yang cukup tinggi buat saya, mengingat saya baru sekitar 9 bulan menekuni dunia blogging dan baru sekali dapet job yang komisinya cuma 150rb aja, of course ini pencapaian banget buat saya, penutup tahun 2016 yang indah.

Bantuan sponsor untuk mempromosikan acara giveaway ini.

Selain soal hadiah, sponsor juga bantuin saya untuk promosiin giveaway saya ini, di akun olshop yang mereka punya, baik itu di IG dan FB, karena begitulah kesepakatan yang kami buat ketika mereka bersedia menjadi sponsor kami,  itulah yang bikin lumayan banyak yang ikut giveaway saya ini.

Promoin barang-barang dagangan sponsor

Hampir tiap hari saya promoin barang-barang dagangan para sponsor, karena itulah salah satu kompensasi yang mereka dapat ketika mereka bersedia menjadi sponsor giveaway mamaketje ini. Dengan caption masih berhubungan serta mengajak para netizen untuk mengikuti giveaway ini, akhirnya mereka penasaran dan ikutan giveaway ini juga.

Waktu.

Waktu  untuk posting pengumuman giveaway dan promoin barang dagangan sponsor which is itu sekaligus promoin giveaway saya. Sebelum saya membuat giveaway ini saya cari tahu dulu waktu-waktu yang tepat untuk posting di media sosial, di FB dan instagram ketemulah hari Senin, Rabu dan Jumat, tapi yang paling banyak reaching medsos user itu adalah hari Rabu sekitar jam 5-6 sore.

Komunitas

Banyaknya komunitas atau grup blogging yang kita ikuti ini juga punya manfaat dalam menyelenggarakan giveaway, mereka membantu saya untuk mempromosikan giveaway saya ini dengan cara men-share artikel atau pengumuman giveaway saya di medsos mereka dan ada beberapa juga yang mengikuti giveaway ini.

Hmm..saya rasa itu beberapa hal yang mendukung giveaway saya ini hingga cukup berhasil.

Oke, itu dulu ya yang bisa saya bagikan mengenai pengalaman mengadakan giveaway ini, next akan saya lanjutkan lagi, mungkin mengenai seberapa efektifkah giveaway ini dalam menambah traffic di blog saya maupun menambah followers di media sosial saya, ditunggu aja ya, maaf kalau nanti bakalan lama jadinya tu artikel, karena saya banyak hutang nulis artikel yang tak tersentuh sama sekali *maaf..

Oh ya, akhir-akhir ini makin banyak blogger yang bikin giveaway juga, sharing pengalaman juga donk di sini, lebih banyak kah pesertanya, lebih sedikitkah? Apa penyebabnya, share ya, kali-kali aja bisa jadi rujukan sebelum mengadakan giveaway..

Share it please, mama ketje.. 🙂Pin on Pinterest0Share on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

7 Comments

  1. Kalo di Instagram saya baru 2 kali bikin GA. Dan hadiah dan syarat yg mudah sangat mempengaruhi banyaknya peserta GA. Dan senengnya kalau banyak dukungan teman yg jadi sponsor ya mbk 🙂

    1. Hehe.. iya mbak.. klo GAku kmrn itu kyana kebnykan syarat.. mgkn klo g sbnyk itu syaratnya malah bnyk yg ikutan.. hehe..

  2. Selama ini blm pernah bikin GA, noted mbak, kpn2 pengen ngadain GA jg 🙂

    1. Semoga bs bikin GA segera ya mbak.. 😊

  3. Ga bisa comment bwt bwt mamaketje yg keren…numpang absen aja deh…

    1. Makasih mbak.. 😊

Leave a Reply

Required fields are marked*